Pj Gubernur Elen Setiadi Resmikan Jembatan Sako (T3) di Kabupaten OKU

Dorong Percepatan Pembangunan Sumsel

Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi, meresmikan Jembatan Sako (T3) di Aula Wisma Ganesha, Perkantoran PT. Semen Baturaja Tbk.

WARTAMUSI.COM, Baturaja – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Elen Setiadi, SH. M.S.E meresmikan Jembatan Sako (T3) di Aula Wisma Ganesha, Perkantoran PT. Semen Baturaja Tbk, dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Selasa (20/8/2024).

Dalam kesempatan itu Elen Setiadi mengucapkan selamat atas telah dibangunnya Jembatan Sako T3 di Kabupaten OKU Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Ucapan terima kasih juga disampaikan Elen kepada PT. Semen Baturaja yang telah membangun Jembatan ini sehingga dapat berguna bagi operasional perusahaan dan juga masyarakat sekitar tambang.

” Harapan kami kedepan tentunya agar PT. Semen Baturaja dapat memberikan bantuan-bantuan Infrastruktur lainnya untuk Kabupaten OKU, sehingga dengan adanya bantuan tersebut, masyarakat dapat merasakan langsung efek positif dari PT. Semen Baturaja untuk masyarakat,” jelas Elen.

Lebih jauh, Elen mengatakan dengan diresmikannya Pembangunan Jembatan Sako T3 Kabupaten OKU dapat memperluas aksesibilitas di Kabupaten OKU, sehingga aktivitas sosial dapat berjalan lancar guna meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah sekitar.

“Besar harapan kita bersama dengan adanya pembangunan jembatan ini dapat bermanfaat bagi perusahaan dan semua lapisan masyarakat,” tambah Elen.

Masih dalam sambutannya, Elen mengatakan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sangat mengharapkan program peningkatan infrastruktur di Provinsi Sumatera Selatan dapat didukung oleh segenap lapisan masyarakat dan Pemerintah Daerah sehingga Program Infrastruktur dapat maksimal dan tepat sasaran.

“Kolaborasi seperti ini yang kita harapkan agar percepatan pembangunan di Sumsel lebih cepat terwujud,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Elen juga mengingatkan dan mengajak segenap Pemda dan Badan Usaha untuk bersama-sama fokus pada pengendalian inflasi, penurunan angka kemiskinan, stunting dan peningkatan akses pendidikan.

Misalnya angka kemiskinan, meski angka kemiskinan di OKU lebih rendah dari Provinsi namun angka tersebut masih diatas nasional dan butuh perhatian  bersama.

“Ini tentu tidak boleh kita biarkan. Maka kolaborasi seperti ini secara bersama-sama perlu terus dibangun antara perusahaan dan Pemda. Mari sama-sama kita kembangkan perekonomian masyarakat untuk mengentaskan kemiskinan,” ujarnya.

Sementara itu Komisaris PT Semen Baturaja Tbk, Inosentius Samsul mengaku terhormat dan bangga atas kehadiran PJ Gubernur Sumatera Selatan beserta Jajaran sekalian yang bisa langsung hadir di aula wisma Ganesha ini.

Selain menjadi momentum silaturahmi antara SMBR dan Jajaran Pemerintahan khususnya di Sumatera bagian Selatan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman, kegiatan ini juga sebagai wujud kolaborasi yang erat dalam memajukan industri semen ini ke arah yang lebih baik.

Inosentius memaparkan berbagai upaya dilakukan PT Semen Baturaja dalam mendukung keberlanjutan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat melalui beberapa inisiatif strategis.

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap kelestarian lingkungan, PT Semen Baturaja telah mengembangkan program Green House.

Program ini bertujuan untuk mengurangi jejak karbon yang dihasilkan oleh aktivitas industri melalui penghijauan di sekitar area pabrik dan lingkungan sekitarnya. Kami juga berupaya untuk mengintegrasikan konsep ramah lingkungan dalam setiap aspek operasional perusahaan. Green House yang kami bangun tidak hanya berfungsi sebagai tempat penghijauan, tetapi juga sebagai sarana edukasi bagi masyarakat sekitar tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Selain itu, PT Semen Baturaja juga telah mengimplementasikan penggunaan Biomassa sebagai bahan bakar alternatif dalam proses produksi semen. Dengan memanfaatkan limbah organik dan limbah biomassa lainnya, kami dapat mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil. Langkah ini tidak hanya membantu mengurangi emisi karbon, tetapi juga mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan penggunaan energi terbarukan di Indonesia.

“Inisiatif-inisiatif tersebut adalah bagian dari upaya PT Semen Baturaja untuk menjadi perusahaan yang tidak hanya berorientasi pada profit, tetapi juga peduli terhadap kelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat. Kami percaya bahwa dengan kolaborasi yang kuat antara pemerintah, perusahaan, dan masyarakat, kita dapat mewujudkan Sumatera Selatan yang lebih hijau, lebih sehat, dan lebih sejahtera,” jelasnya.

Selain meresmikan Jembatan Sako (T3), dalam kesempatan itu Pj Gubernur Sumsel beserta Komisaris Utama PT Semen Baturaja Tbk Alex Iskandar Munaf, Komisaris PT Semen Baturaja Tbk Inosentius Samsul, Direktur Utama PT. Semen Baturaja Suherman Yahya, Pj Bupati OKU M. Iqbal Alisyahbana beserta Forkopimda OKU dan para Direktur PTSB lainnya melakukan penanaman pohon  penghijauan di halaman Aula Wisma Ganesha. (ril)